Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Tahap awal ketika ingin mencari sebuah pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran. Dari surat lamaran inilah akan sangat menentukan anda di terima atau tidak. Hampir semua pekerjaan membutuhkan surat lamaran. Entah itu di bank, instansi pemerintahan, perusahaan, perawat dan masih banyak lainnya. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat surat lamaran ini, tetapi banyak orang yang kurang paham dengan fungsi sebenarnya dari surat lamaran. Sehingga mereka membuat asal-asalan saja. Memang saat ini sudah banyak contoh surat lamaran, tapi masih banyak juga orang yang salah dalam membuatnya.

Contoh-Surat-Lamaran

Ketika anda menyusun surat lamaran dengan benar, mungkin akan menjadi nilai plus anda nantinya. Jika di tulis dengan sebaik mungkin, akan memberikan kesan pertama yang menarik bagi perusahaan atau instansi yang anda tuju. Ketika anda menulisnya dengan asal saja, mungkin dari pihak HRD akan malas membaca surat lamaran anda atau bahkan tidak membacanya sama sekali. oleh karena itu membuat surat lamaran yang tersusun rapi dengan kata yang tepat sangatlah penting.

Format Surat Lamaran


Berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaranyang bisa anda gunakan ketika melamar pekerjaan. Format ini merupakan format yang benar dan bisa menambah kesan pertama anda di perusahaan.

Contoh Surat Lamaran 1

Semarang, 21 Oktober 2015

Kepada Yth :
HRD PT REPUBLIK DIGITAL SOLUSINDO
Jl. Karanganyar No.29F, Semarang

Perihal : Lamaran kerja


Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Harian Suara Merdeka Semarang perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                        : Angga Fahturohman
Tempat,Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Mei 1991
Alamat                      : Jalan Rawa Lele No.29A, Jakarta
Telepon                     : 0896767876

sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini saya lampirkan pula berkas - berkas sebagai berikut :

1.Pas Photo Berwarna 3 x4 1 lembar.
2.Foto copy KTP 1 lembar
3.Curriculum Vitae 1 lembar
4.Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir 1 lembar
5.Foto copy Sertifikat Competensi

Demikian surat lamaran ini saya susun dan saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu  saya sampaikan terimakasih.


Hormat saya,    



Angga Fahturohman


Contoh Surat Lamaran 2

Kudus, 8 Juli 2015

Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Girtandi Jaya Gloria
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Utara


Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Girtandi Jaya Gloria, seperti yang termuat di harian Koran Merdeka tanggal 6 Juli 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Girtandi Jaya Gloria.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama: Ahmad Zulkifli
Tempat, Tanggal Lahir: Kudus, 16 April 1992
Usia: 23 tahun
Pendidikan Terakhir: STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal: Kelurahan Gede Bage, Kota Kudus
Domisili: Jl. Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Kudus
Telepon: 081234567841
Email: ahmadzul@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.


Hormat saya,  



Ahmad Zulkifli


Format surat lamaran diatas cukup sederhana dan mudah untuk di praktekan. Tak perlu kata-kata yang bertele-tele. Lebih baik menggunakan kata yang sederhana tetapi mudah untuk di pahami. Selain itu masukan semua spesifikasi yang anda punya. Ini akan memberikan nilai lebih anda nantinya. Tak perlu memasukan spesifikasi yang kiranya tak berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Jika di suruh untuk tulis tangan, tulislah yang rapi dan jangan terlalu banyak coretan. Tetapi saat ini sebagian besar sudah menggunakan ketikan computer.

Menyusun Surat Lamaran

Walaupun menggunakan ketikan computer, tulisan dengan format Microsoft word yang benar. Nama terang juga jangan sampai di lupakan serta kontak yang bisa dihubungi. Demikian contoh surat lamaran yang bisa saya berikan. Semoga bisa memberikan informasi bagi anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Dengan adanya contoh ini, membuat anda lebih mudah untuk di terima sebagai karyawan di perusahaan atau instansi yang anda inginkan.
Share This :