Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah

Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah
Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah
Dalam dunia perkuliahan, mengenal istilah cuti kuliah. Hal ini menjadi sesuatu yang biasa dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Alasannya tentu saja beragam, sesuai dengan keperluan masing-masing. Cuti kuliah sendiri dikenal juga dengan sebutan cuti akademik. Dengan mengambil cuti kuliah, maka mahasiswa tersebut tidak menggunakan haknya sebagai seorang mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan akademik dengan alasan tertentu. Dengan demikian maka statusnya di kampus tersebut tidak aktif, yang berarti yang bersangkutaan bebas dari seluruh kegiatan dikampus termasuk biaya daftar ulang maupun uang semester. Lamanya cuti kuliah biasanya selama 1-4 semester, akan tetapi pada umumnya setiap fakultas memiliki peraturan yang berbeda.

Mengingat bahwa hal ini merupakan hal yang penting dan formal, maka dalam mengajukannya diperlukan surat resmi yang diajukan kepada pihak kampus yang berwenang. Untuk mengajukan surat ini maka anda tentu harus melakukan beberapa hal seperti yang ada di bawah ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan saat akan mengajukan surat permohonan cuti kuliah.

  1. Siapkan alasan yang melatarbelakangi anda mengambil cuti kuliah. Berikan alasan yang masuk akal dan dapat mendukung keputusan anda tersebut.
  2. Buat surat keterangan persetujuan dari orang tua atau wali dan diserahkan ke pihak akademik.
  3. Jika surat tersebut sudah diserahkan, maka ikuti prosedur selanjutnya sesuai dengan peraturan kampus yang ada.
Nah jika sudah melakukan hal tersebut, kami juga akan memberikan beberapa cara atau format penulisan surat permohonan cuti kuliah.
  1. Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
  2. Penerima surat (kepada siapa surat ditujukan)
  3. Salam Pembuka
  4. Identitas diri (meliputi nama,nim, jurusan, semester kuliah saat ini, tahun akademik, alamat serta nomor kontak person)
  5. Isi pokok surat (permintaan izin cuti kuliah). Dibagian ini juga jelaskan kapan waktu permintaan cuti kualiah tersebut.
  6. Alasan cuti kuliah
  7. Penutup 
  8. Tanda tangan pemohon cuti (kanan), tanda tangan dosen penasehat akademik (kiri). Ada pula yang membubuhkan tanda tangan orang tua / wali yang diletakan di sebelah kiri sedangkan tanda tangan dosen di bagian bawah.
Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami akan memberikan contoh surat permohonan cuti kuliah. 



Hal : Permohonan Cuti Kuliah

Kepada Yth
Bapak  Rektor
U.p. Kepala Biro AAK
Universitas Sriwijaya
Palembang


Assalamu’alaikum  Wr. Wb.


Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                              : Clara Putri Wijaya
N I M                              : 123 456 789
Jurusan/Prodi                  : Ekonomi Pembangunan
Semester                         : VI
Tahun Akademik            : 2013/2014
Alamat                            : Jl. Perwira No.256 Palembang, Sumatera Selatan
Telpon/HP                       : 0853 6796 6985

Bermaksud mengajukan permohonan Cuti Kuliah selama 2 (dua) Semester mulai tanggal 15 Juni 2016 s/d  tanggal 15 Juni 2017. Permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan karena :

1. Alasan Pertama
2. Alasan kedua (jika ada)

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan bukti-bukti pembayaran SPP semester IV Tahun Akademik  2013/2014.

Demikian permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


                                                                                              Palembang, 03 Mei 2016
Mengetahui
Dosen Penasihat Akademik                                                                  Hormat Saya



(Nama Dosen)                                                                               CLARA PUTRI WIJAYA


Setelah melihat contoh surat tersebut, sudah lebih jelas bukan? Kalau begitu, demikian ulasan kami mengenai surat permohonan cuti kuliah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.
Share This :