Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Surat pengunduran diri dari perusahaan adalah sebuah surat yang diajukan oleh seorang karyawan yang akan mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja. Mengenai alasannya, tentu saja beragam, mulai dari karena akan pindah tempat kerja ataupun karena ingin pensiun dini. Surat ini merupakan salah satu surat resmi yang kerap kali ditemui dalam dunia kerja, baik itu dalam sebuah perusahaan, instansi, dan lain sebagainya.

Surat pengunduran diri ini sendiri diajukan oleh karyawan yang bersangkutan selambat-lambatnya 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri. Alasannya adalah agar perusahaan mempunyai cukup waktu untuk memutuskan menerima atau tidak pengunduran diri tersebut. Apabila perusahaan menerima, maka perusahaan masih bisa mencari mencari pengganti karyawan yang mengundurkan diri itu terlebih dahulu. Sehingga posisi yang akan di tinggalkan tersebut tidak akan kosong.

Mengenai format penulisannya, surat ini memiliki format yang sama seperti surat-surat resmi lainnya. Formatnya adalah sebagai berikut.
  1. Tanggal pembuatan surat
  2. Kepada siapa surat ditujukan
  3. Isi (sertakan data diri yang berkaitan dengan identitas sebagai karyawan di perusahaan tersebut, utarakan maksud dan tujuan dari surat tersebut, serta beberkan mengenai alasan pengunduran diri)
  4. Penutup (nama terang dan tanda tangan)
Untuk penulisannya, karena surat ini termasuk surat resmi, maka gunakan ejaan yang disempurnakan serta gunakan pula bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Contoh 1 :


Medan, 17 Maret 2018
Kepada. Yth
Manager HRD
PT. Sukses Bersama

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukses Bersama berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang-undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                : Rita Tria Anita, SE
Departemen      : Produksi
Jabatan             : Manager Produksi
No Karyawan   : PR56983
Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Sukses Bersama karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan perundangan yang berlaku. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya


Rita Tria Anita, SE


Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Contoh 2 :

Padang, 1 Februari 2018

Kepada. Yth
HRD Manager
PT. Mandiri Semesta
Jl. Pahlawan Kemerdekaan No.75
Padang, Sumatera Barat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya Clara Azzahra, SH bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mandiri Semesta sebagai Assiten Manager Pemasaran, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2018. Keputusan ini saya ambil karena saya akan melanjutkan pendidikan menuju S2.
Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan belajar di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mandiri Semesta apabila terdapat kesalahan ucapan dan tindakan yang saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap PT. Mandiri Semesta dapat terus berkembang dan menjadi perusahaan kontraktor IT nomor 1 di Indonesia.

Hormat Saya


Clara Azzahra, SH

Nah bagaimana, sudah jelas dengan contoh yang kami berikan diatas?. Dan demikianlah ulasan kami mengenai surat pengunduran diri dari perusahaan. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan berikutnya.
Share This :